Sabtu, 13 April 2024

Breaking News

  • Waspadai Politik ''Gentong Babi'' di Pilkada Serentak: Tantangan Demokrasi di Indonesia   ●   
  • Ketika Ustadz Mawardi Salam Komando dengan Edy Natar Nasution, Teriakan ''Jadikan'' Menggema   ●   
  • Momen IKBR ''Open House'' ke Para Pemimpin Riau: Menguatkan Hubungan Silaturahmi Dihari yang Fitri   ●   
  • Warga Tanjung Rhu Naik Viar ke Kediaman Mantan Gubri Edy Natar Nasution Dihari Kedua Idul Fitri   ●   
  • Dukungan Terhadap Burhan Gurning untuk Calon Wakil Walikota Terus Mengalir   ●   
Bupati Rohul Sukiman Sampaikan Aspirasi Masyarakat Terkait Harga Sawit dan Infrastruktur KE Gubri
Jumat 13 Mei 2022, 19:21 WIB

Rohul, berazamcom – Masyarakat Rokan Hulu (Rohul) yang mayoritas petani Kelapa Sawit sangat mengeluh atas turunnya harga jual TBS akibat kebijakan Pemerintah melarang Ekspor bahan baku Kelapa Sawit melalui Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Riau dan Wagubri di Negeri Seribu Suluk, Jumat (13/5/2022).

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut kepada Gubernur Riau H. Syamsuar. Bupati Sukiman menjelaskan Rohul didominasi petani kelapa sawit, harga sawit di Rohul berkisar antara 1.900/kg.

Ia mengaku ditingkat Pemkab Rohul telah mengambil langkah untuk mengantisipasi turun drastisnya harga jual TBS masyarakat. Salah satunya, Pemkab telah dengan mengumpulkan Perusahaan dan PKS yang beroperasi di Rohul.

“Kami atas nama Pemkab Rohul mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur da Wagubri beserta Rombongan. Terkait permasalahan sekarang menyampaikan aspirasi masyarakat terkait harga sawit, mohon arahan dan kebijakan dari pak Gubernur,” harap Bupati Sukiman.

Tak hanya masalah harga sawit, Bupati H. Sukiman juga meminta kepada Gubernur Riau untuk membangun infrastruktur jalan. Karena akses jalan Simpang Pir-Pendalian ini sebagai akses perekonomian masyarakat juga sebagai akses kelapangan Sepadan berstandar Internasional.

Harapan senada juga disampaikan Kepala Desa Pendalian Muliadi A.Md. Ia mengaku kondisi jalan Simpang Pir-Pendalian yang saat ini berbatu dan bertanah tersebut menjadi harapan besar masyarakat kepada Pemprov Riau.

Dijelaskan Muliadi, Memang menjadi kendala kondisi jalan saat ini karena untuk mencapai akses kelapangan Sepadan, satu ruas masih melewati Simpang Pir. Karena masih ada yang belum diaspal sepanjang 18 KM dan kondisinya masih jalan tanah Full. Kemudian ruas Jalan Prov Rokan – Pendalian Dusun Batas diperkirakan masih ada 12 KM belum diaspal.

“Betul itu menjadi kendala selama ini oleh Tim-Tim dari luar Kabupaten dan Provinsi Riau yang datang bertanding ke Pendalian ini untuk mencoba lapangan ini karena kendala akses jalan. Harapan kita salah satu tujuan kita bangun lapangan itu kita dapat perhatian Pemprov,” ungkapnya

“Tentu kita berharap pak Gubri berharap mengakomodir peningkatan beberapa fasilitas di lapangan yang belum ada, semua biaya kita kucurkan melalui Dana Desa. Tentu dengan berbagai kekurangan fasilitas yang ada di lapangan berharap Pemprov yang memiliki anggaran lebih besar bisa melengkapi fasilitas yang belum bisa kita adakan,” harap Muliadi.

Menanggapi aspirasi masyarakat, Gubernur Riau H. Syamsuar mengaku akan membangun ruas jalan lintas Provinsi yang menjadi kewenangan Provinsi. Meski sebagian akses jalan ke Pendalian berstatus jalan Kabupaten, Gubernur akan bersinergi dengan Pemda Rohul.

“Kami tetap membangun ruas jalan provinsi dan bersinergi dengan Pemda Rohul, karena keterbatasan anggaran kita bertahap mengerjakannya. Tapi kalau tak salah ruas ini belum masuk ruas Provinsi, ini jalan ruas Kabupaten, tapi bagaimanapun kita bekerjasama dengan Pemda Rohul sehingga nanti ada bagian masing-masing lah sesuai dengan dana yang tersedia,” terang Gubri.

Terkait harga Sawit, Gubri mengaku ini dampak dari kebijakan pemerintah yang melarangkan ekspor terutama bahan baku untuk Minyak Goreng. Ini berpengaruh kepada petani, karena Riau ini daerah penghasil sawit. Karena tangki-tangki pengisi CPO itu penuh akhirnya tidak bisa maksimal membeli sawit.

“Jadi kita harapkan kebijakan pemerintah harga sawit bisa lebih baik lagi. Kita berikan sanksi ika perusahaan mengada-ada pasti ada sanksi. Tapi kalau sesuai prosedur tidak masalah,” pungkasnya.*Inf/Adv

 




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top