Jumat, 12 Agustus 2022

Breaking News

  • BBM Langka di SPBU, CERI: Muara dari Inefisiensi Proses Bisnis Pertamina Mulai Hulu Hingga Hilir   ●   
  • Jika NIK Dicatut Parpol, KPU Minta Masyarakat Melapor   ●   
  • Gubri Syamsuar Resmikan Mall Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi Rutin   ●   
  • Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan ke Masyarakat Sialang Rampai   ●   
  • Perwira Polri Putra Kuansing Peroleh Beasiswa S3 Polri   ●   
Implementasikan Program RTW, BPJAMSOSTEK Dumai Lakukan Pendampingan di RSUD
Kamis 04 Agustus 2022, 16:07 WIB

Dumai, berazamcom - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK )  Kota Dumai melakukan pendampingan peserta Return To Work (RTW) kepada salah satu peserta  dari perusahaan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (KOP-TKBM)  Pelabuhan Dumai  di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kota Dumai.

Hal tersebut dilaksanakan sebagai implementasi manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), memastikan tenaga kerja dapat berkarya kembali.

Disamping Pendampingan RTW, pihak BPJAMSOSTEK  juga menyapa tim Garda terdepan Rumah Sakit PLKK BPJAMSOSTEK di RSUD Dumai sekaligus bersilaturahmi dengan  Direktur RSUD dalam hal ini diwakilkan  dr Feriyanto  Sp. An, Kamis (04/07/2022).

Kepala BPJAMSOSTEK Dumai Erwin Umaiyah menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi atas komitmen badan usaha dan RSUD dalam mendukung program RTW (Return To Work). Hal ini sebagai bentuk untuk menciptakan awareness serta eksistensi program RTW kepada masyarakat pekerja khususnya.

Katanya RTW adalah perluasan manfaat program JKK yang digagas BPJAMSOSTEK  yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja yang berakibat menjadi disabilitas sementara atau permanen.

 RTW ini dilakukan tanpa biaya apapun, semua biaya ditanggung BPJAMSOSTEK mulai dari pengobatan, perawatan, hingga prothesa sampai peserta bisa kembali bekerja.

“Jadi, bagi tenaga kerja yang mengalami JKK yang menyebabkan disabilitas bukanlah akhir dari segalanya,” ujar Erwin saat melakukan Kunjungan di RSUD Dumai.

Erwin menjelaskan, kecelakaan kerja bisa menyebabkan tenaga kerja sembuh tanpa cacat, sembuh dengan cacat fungsi, sembuh cacat total atau mengalami resiko meninggal dunia.

“Inilah yang menjadi fungsi atau manfaat program saat ini bisa dinikmati oleh tenaga kerja pada saat tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja. Maka peran kita sebagai case manager melakukan pendampingan kepada tenaga kerja, atas perawatannya yang dilakukan oleh dokter/tim medis di PLKK (Pusat Layanan Kecelakaan Kerja) BPJAMSOSTEK,” ucapnya.

Pendampingan ini juga untuk membangun psikis (mental). Percaya diri sebelum kembali bekerja penting dilakukan. Dengan demikian, para pekerja yang menjadi disabilitas karena kecelakaan kerja tetap bersemangat dan bekerja dengan optimal," tukasnya.

Untuk diketahui tercatat total pembayaran biaya pengobatan/perawatan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja di RSUD Kota Dumai periode Tahun 2021 sd 31 Juli 2022 mencapai  Rp. 1.235.768.813 dengan jumlah 340 kasus.*rls




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top