Minggu, 19 Mei 2024

Breaking News

  • Ketua DPC PJS Kota Palembang Soroti Pembangunan Terminal Batubara Kramasan   ●   
  • Pernyataan Wan Abu Bakar Berpotensi Primordialisme, Tokoh Riau Edy Natar Nasution Angkat Bicara   ●   
  • Dinkes Siak dan Apkesmi Gelar Webinar, Perkenalkan Program ILP   ●   
  • Mahasiswa Hukum UIR Raih Best Speaker di Kontes Duta Wisata Riau 2024   ●   
  • UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp 70 Juta dari Bank Syariah Indonesia   ●   
Tim Riset Unri Teliti Model Ideal Konten Penyuluhan Siber Perikanan untuk Nelayan Inhil
Rabu 14 September 2022, 13:16 WIB
Tim peneliti siber ekstension perikanan tangkap dari Universitas Riau di Inhil [foto: mas]

TEMBILAHAN — Tim peneliti Universitas Riau, dipimpin Ir Ridar Hendri MSi, sejak Juni meneliti model konten penyuluhan siber perikanan yang ideal untuk nelayan Indragiri Hilir. “Penelitian ini untuk memetakan model penyuluhan siber perikanan yang ideal untuk seluruh Riau,” kata Ridar, Selasa (13/9).

Tim terdiri dari Ir Eni Yulinda MP, Dr Zulkarnain Umar SPi MSi, Lamun Bathara SPi MSi, mensurvei pendapat 95 nelayan di sentra penangkapan ikan Inhil, yaitu Tanah Merah dan Enok. Mereka adalah pengguna media sosial, khususnya website penyuluhan perikanan, MFCE yang dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menemukan formula konten website penyuluhan perikanan tangkap yang ideal dan tepat, sehingga bermanfaat bagi nelayan di Inhil.

Komposisi konten website penyuluhan perikanan. tangkap meliputi, jenis materi yang disuluhkan, format media penyampaian (teks, poster, atau video), ukuran konten (jumlah kata, piksel atau durasi), sifat materi yang disuluhkan, hingga frekuensi update konten ke website.

“Jika komposisi materi pada konten penyuluhan dalam website tersebut tepat, maka akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan nelayan setempat, bahkan Riau,” tambah Ridar, kandidat doktor komunikasi pembangunan Unisel Malaysia.

Di lapangan, tim dibantu dua penyuluh perikanan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indragiri Hilir, masing-masing Budianto SPi dan Riswanda SPi. Dari Tembilahan tim menggunakan seedboat komersial ke lokasi. Sehari sebelumnya tim peneliti diterima oleh Bupati Inhil HM Wardan di kediamannya, untuk mendapatkan paparan singkat mengenai gambaran pembangunan sektor perikanan dan kelautan di kabupaten itu.***[mas]




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top