Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Andi Rahman Desak Pemerintah Segera Tuntaskan Pembayaran Lahan Tol Pekanbaru -Padang   ●   
  • Brigjend TNI Edy Natar Nasution Mendaftar sebagai Balon Gubri di Kantor PDIP Riau   ●   
  • MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Kota Pekanbaru Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Qur’an Putri   ●   
  • Serius Maju dalam Pilgubri 2024: Edy Natar Nasution Sudah Ketemu Sekjen DPP NasDem & Ketua DPW Nasdem Riau   ●   
  • Mantap! Mantan Gubernur Riau Serius Bertarung dalam Pilgubri 2024   ●   
Mulai Besok Pemerintah Terapkan BBM Jenis Solar Campur Minyak Sawit 35 Persen
Selasa 31 Januari 2023, 13:49 WIB
Pemerintah bakal menerapkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) solar campur minyak sawit sebesar 35 persen mulai besok(1/2) besok. Ilustrasi.

Jakarta, berazamcom - Pemerintah bakal menerapkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) solar campur minyak sawit sebesar 35 persen mulai besok(1/2) besok.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud menyampaikan hal tersebut dalam acara Energy Corner Special B35 Implementation di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Insyaallah B35 akan dimulai besok hari pada 1 Februari 2023. B35 akan segera masuk di dalam seluruh transportasi nasional kita yang menggunakan bahan bakar biodiesel," katanya, Selasa (31/1).

Musdhalifah mengatakan target penyaluran B35 pada 2023 adalah 13,15 juta kiloliter (KL). Target ini ia klaim bisa menghemat devisa sekitar US$10,75 miliar alias setara Rp161 triliun.

B35 merupakan campuran bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit, yaitu Fatty Acid Methyl Esters (FAME). Adapun kadar minyak sawitnya adalah 35 persen, sementara 65 persen lainnya merupakan BBM jenis solar.

Kementerian ESDM mengungkapkan program B35 merupakan langkah antisipasi lonjakan harga minyak dunia serta menekan impor solar. Selain itu, program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan.

"Implementasi B35 bukan hanya energi, tetapi kami mendukung penciptaan lapangan kerja baru, menciptakan penurunan emisi gas rumah kaca, menghemat devisa negara dari pembelian energi fosil dari luar, dan menjalankan energi biru," tutur Musdhalifah.

Ia juga mengklaim implementasi B35 ini sudah mempertimbangkan kesiapan badan usaha (BU) bahan bakar nabati (BBN) dan BU BBM, baik dari aspek kesiapan pasokan, distribusi, termasuk infrastruktur penunjang.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top