Sabtu, 13 April 2024

Breaking News

  • Waspadai Politik ''Gentong Babi'' di Pilkada Serentak: Tantangan Demokrasi di Indonesia   ●   
  • Ketika Ustadz Mawardi Salam Komando dengan Edy Natar Nasution, Teriakan ''Jadikan'' Menggema   ●   
  • Momen IKBR ''Open House'' ke Para Pemimpin Riau: Menguatkan Hubungan Silaturahmi Dihari yang Fitri   ●   
  • Warga Tanjung Rhu Naik Viar ke Kediaman Mantan Gubri Edy Natar Nasution Dihari Kedua Idul Fitri   ●   
  • Dukungan Terhadap Burhan Gurning untuk Calon Wakil Walikota Terus Mengalir   ●   
Disdik Pekanbaru Liburkan Siswa Kelas 1 hingga 3 SD Selama Puasa
Sabtu 18 Maret 2023, 11:48 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal

Pekanbaru, berazamcom- Selama bulan Ramadan, anak didik dari PAUD, TK dan SD kelas 1, 2, 3 dipastikan libur. Hal ini sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru.

Meski libur, namun pihak sekolah diminta untuk memberikan tugas kepada siswa SD kelas 1, 2 dan 3 selama bulan puasa. Sementara untuk PAUD dan TK memang tidak diberikan tugas.

"Untuk TK dan PAUD tidak kita kasih tugas, tapi kalau SD kelas 1, 2 dan 3 kita akan mintakan kepada sekolah agar diberikan tugas tapi tidak begitu berat," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Sabtu (18/3/2023).

Ia mengatakan, tak hanya untuk kelas 1, 2 dan 3 saja, namun untuk kelas 4, 5, 6 dan juga SMP yang tetap sekolah, juga akan diberikan tugas tambahan.

"Kita akan bekali dengan buku amaliyah Ramadan, supaya anak-anak itu nanti setelah pulang dari Sekolah, dia dapat mengikuti kegiatan di mushola atau masjid di rumahnya masing-masing. Makanya kita bekali dengan buku amaliyah," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengeluarkan surat edaran pembelajaran selama bulan Ramadan dan Libur Idulfitri 1444 Hijriah.

Adapun dalam surat edaran tersebut salah satunya disampaikan bahwa selama bulan Ramadan peserta didik TK, PAUD dan SD kelas 1, 2, 3 libur atau tidak masuk sekolah.

"Kita sudah mengeluarkan surat edaran dimana ada beberapa poin yang kita sampaikan terkait pembelajaran selama bulan Ramadan," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Jumat (17/3/2023).

Ia mengatakan selama bulan ramadan, peserta didik TK, PAUD dan SD kelas 1, 2, 3 libur atau tidak masuk sekolah. "Sementara untuk peserta didik kelas 4, 5, 6 serta SMP selama bulan Ramadan tetap melaksanakan pembelajaran," katanya

Disampaikan Abdul Jamal, untuk awal Ramadan seluruh peserta didik dari PAUD hingga SMP akan diliburkan mulai tanggal 20 hingga 25 Maret 2023.

"Selanjutnya akan masuk lagi pada tanggal 27 Maret sampai dengan tanggal 14 April 2023 dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Yang pertama adalah selama bulan Ramadan 1 jam pelajaran dilakukan selama 30 meni, jadi memang tidak seefektif hari biasa. Kemudian kedua masuk sekolah akan dimulai pukul 08.00 WIB dan diakhiri dengan salat Zuhur berjamaah.

"Kita imbau juga untuk sekolah dan peserta didik melaksanakan kegiatan yang bersifat keagamaan seperti tadarus, pesantren kilat. Kita bolehkan juga mengumpulkan sedikit infaq untuk dibagikan jelang penutupan ramadan," jelasnya.

"Untuk pelajaran olahraga atau kesenian sepertinya tidak dulu, lebih banyak kita imbau untuk kegiatan keagamaan," imbuhnya.

Kemudian terkait libur lebaran, Jamal mengatakan akan dimulai 17 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2023.

"Kegiatan pembelajaran setelah hari raya Idul Adha akan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2023," pungkasnya.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top