Selasa, 18 Juni 2024

Breaking News

  • Edy Natar Nasution, Calon Gubernur Riau yang Berkomitmen pada Tradisi Kurban Partai Nasdem Riau   ●   
  • UIR Jajaki Peluang Kerjasama dengan Kampus ternama di Hungaria   ●   
  • Idul Adha 1445 H, JMSI Inhu Sembelih Satu Sapi Qurban   ●   
  • Keserasian KBS: Kasmarni dan Bagus Santoso, Dua Sosok Inspiratif yang Kembali Bertandem untuk Bengkalis   ●   
  • Sapi Bantuan Pj Gubernur Riau Disembelih Pertama di Masjid Paripurna Nurul Ibadah Pekanbaru   ●   
Pemko Pekanbaru Tetapkan PT AAS sebagai Pengelola Pasar Bawah
Senin 20 Maret 2023, 17:56 WIB

Pekanbaru, berazamcom - Setelah penantian panjang, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akhirnya menetapkan PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) sebagai perusahaan yang akan mengelola Pasar Wisata Pasar Bawah.

Sebenarnya untuk pemenang tender Pasar Bawah yaitu PT AAS sudah diumumkan cukup lama. Namun saat memasuki tahap negosiasi, Pemko Pekanbaru melakukan evaluasi.

Bahkan Pemko Pekanbaru telah membentuk tim untuk melakukan kajian proses lelang yang dimenangkan PT AAS, salah satunya dengan dilakukannya review Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Riau yang terakhir review tersebut tak jadi dilakukan.

"Jadikan kita sudah evaluasi memang sejak lama. Terakhir kita lakukan finalisasi, evaluasi dan akhirnya diputuskan. Kita akan melanjutkan proses tender yang sudah ditetapkan dulu yaitu PT AAS," ujar Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (20/3/2023).

Dilansir dari cakaplah.com, Ia mengatakan selanjutkan akan dilakukan proses negosiasi dan hasil negosiasi itu akan dijadikan dalam perjanjian kerjasama.

"Kita tidak akan melakukan lelang ulang, karena memang untuk pemenang sudah ditetapkan," cakapnya.

Dikatakan Ingot, proses ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2022 dan pihaknya juga sudah mengajukan kepada Pj Walikota selaku penguasa barang untuk melakukan pola Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) setelah berakhirnya kerjasama dengan PT Dalena.

"Walikota sudah menyetujui dan sudah membentuk tim KSP, pemilihan mitra dan lain sebagainya. Kemudian kita juga sudah melakukan kajian yang dibutuhkan dalam perjanjian kerjasama itu dan kajian lainnya yang menjadi dasar kita untuk menetapkan poin-poin kerjasama. Nah setelah proses administrasi itu lengkap, kita mulai proses tender. Untuk proses tender itu juga sudah kita lakukan dan tidak melanggar ketentuan yang dalam regulasi dalam hal ini Permendagri nomor 19 tahun 2016,"katanya.

Secara umum yang dilakukan ini sudah mengikuti kaidah yang berlaku baik terkait persiapan tender, dokumen juga proses pelaksanaan tender itu sendiri.

"Oleh karena itu kita akan melanjutkan proses ini ke proses yang selanjutnya yaitu negosiasi kontrak," terangnya

Disinggung terkait mengapa Pemko Pekanbaru perlu menunggu hasil review dari BPKP, Ingot mengatakan itu sebagai satu prinsip kehati-hatian dari Pemko Pekanbaru.

"Karena ada beberapa dinamika, makanya kita minta diuji ini sudah bener atau belum. Kemudian kita juga sudah lakukan kajian secara internal dengan beberapa pihak yang kita pandang berkompeten dan sampai pada kesimpulan bahwa secara umum proses ini sudah mengikuti kaidah-kaidah yang diamanatkan oleh regulasi dan melanjutkan perjanjian kerjasama pemanfaatan dengan PT AAS," pungkasnya.

Sebagai informasi PT AAS telah diumumkan sebagai pemenang lelang pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah pada Senin (13/6/2022). Dimana, proses pelelangan sudah dimulai sejak awal tahun 2022 bahkan sejak akhir tahun 2021.

Dalam pelelangan itu diikuti tiga perusahaan. Tiga perusahaan yang mengikuti lelang itu yakni PT Ali Akbar Sejahtera, PT Devario Multi Karya dan PT Total Bangunan Sejahtera.

Kemudian PT AAS memenangkan lelang pengelolaan Pasar Bawah dengan nilai penawaran sebesar Rp91.464.659.996. Pengelolaan secara KSP ini berjalan selama 30 tahun ke depan.

Namun, saat memasuki tahap negosiasi, Pemko Pekanbaru melakukan evaluasi. Bahkan Pemko Pekanbaru membentuk tim untuk melakukan kajian proses lelang yang dimenangkan PT AAS.

Setelah 9 bulan pasca diumumkan pemenang lelang pengelola Pasar Bawah, akhirnya Pemko Pekanbaru melanjutkan prosesnya negosiasi dengan PT AAS.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top