Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Pj Gubri Lantik 3 Pejabat Eselon II Pemprov Riau, Ini Nama-namanya   ●   
  • CERI Minta KPPU Lakukan Audit Forensik Sistem Eproc di Kementerian ESDM   ●   
  • UIR Terima Bantuan Pendidikan Sebesar Rp145 Juta dari BTN Syariah   ●   
  • Siang Ini Pj Gubri Lantik 3 Kepala OPD Hasil Assesmen   ●   
  • Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau   ●   
Jangan Asal Pilih Kurma, Ini 5 Ciri Kurma Tidak Layak Konsumsi
Senin 03 April 2023, 11:25 WIB

Jakarta, berazamcom - Kurma adalah buah yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa di bulan suci Ramadhan. Tapi pastikan cek ciri kurma tidak layak konsumsi.

Meski memiliki segudang manfaat dan rasa yang manis, kualitas kurma juga bisa menurun sehingga tak lagi layak dikonsumsi. Lalu apa saja cirinya?

Kurma menjadi kudapan yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Para Muslim berbondong-bondong membeli kurma di bulan Ramadhan.

Namun, Anda sebaiknya tidak membeli kurma sembarangan. Kurma yang hendak dibeli harus diperhatikan, apakah kurma tersebut masih segar dan kualitasnya baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Pasalnya, kurma yang dikeringkan akan kekurangan air dan cenderung tidak berjamur hingga mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Melansir Tasting Table, kurma segar dapat bertahan hingga enam bulan di kulkas dalam wadah tertutup dan tetap buka selama setahun penuh. Sementara, kurma kering yang tidak dimasukkan ke kulkas dapat bertahan selama enam bulan. Kurma kering yang dimasukkan ke dalam freezer dapat bertahan hingga tiga tahun.

Jika Anda menyimpan kurma dengan cara yang tidak benar, jamur dan bakteri dapat tumbuh di atasnya, sehingga menyebabkan kurma menjadi rusak.

Melansir Cully's Kitchen, berikut beberapa ciri kurma tidak layak konsumsi yang perlu diwaspadai.

1. Bau

Ketika kurma membusuk, bau busuknya adalah hal pertama yang akan Anda sadari. Buah ini memiliki aroma yang samar dan netral, namun akan mengeluarkan bau busuk yang tidak sedap atau berbau alkohol setelah menjadi busuk.
Banner Ramadan 2023 - 101 IslamFoto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani
2. Berubah warna

Ciri kurma tidak layak konsumsi lainnya adalah perubahan warna pada buahnya. Kurma yang telah menggelap atau memiliki bercak-bercak pucat pada permukaannya berarti sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Terkadang, perubahan warna disertai dengan tampilan berjamur.

3. Terlalu Lengket

Ketika kurma menjadi lengket dan berlendir, hal itu menjadi peringatan untuk membuang kurma tersebut. Jika dikombinasikan dengan ciri kurma busuk lainnya, mengonsumsinya bukanlah ide yang baik.

4. Rasa berubah

Rasa kurma, seperti halnya kualitasnya, akan menurun seiring waktu. Di sisi lain, kurma yang aman tidak memiliki rasa pahit atau asam. Jika rasanya sudah sangat berubah, buanglah sisa kurma yang berada di kemasannya.

5. Jamuran

Tidak jarang kurma yang masih layak makan dibuang setelah mendeteksi adanya bintik-bintik putih di permukaannya dan bercampur dengan jamur. Jamur adalah tanda pasti dari kurma yang busuk, namun hal ini selalu disertai dengan perubahan aroma, warna, dan tekstur.

Itulah sejumlah ciri kurma tidak layak konsumsi. Pastikan kurma tetap layak dimakan dan tersimpan dengan cara yang benar.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top