Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Pj Gubri Lantik 3 Pejabat Eselon II Pemprov Riau, Ini Nama-namanya   ●   
  • CERI Minta KPPU Lakukan Audit Forensik Sistem Eproc di Kementerian ESDM   ●   
  • UIR Terima Bantuan Pendidikan Sebesar Rp145 Juta dari BTN Syariah   ●   
  • Siang Ini Pj Gubri Lantik 3 Kepala OPD Hasil Assesmen   ●   
  • Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau   ●   
Puasa Bisa Menekan Stres, Benarkah Demikian?
Selasa 11 April 2023, 12:33 WIB
Ilustrasi

Jakarta, berazamcom - Puasa dipercaya baik untuk kesehatan. Tak cuma kesehatan fisik, tapi juga mental. Benarkah demikian?

Menukil laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), psikiater sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Ronny Tri Wirasto mengatakan bahwa puasa memiliki efek langsung untuk menghilangkan stres.

Alasannya, pola makan seseorang lebih teratur saat puasa. Hal ini sangat berpengaruh terhadap sistem kendali diri. Sebab, konsumsi makanan yang diatur memengaruhi pola pikir yang turut menjadi teratur.

Mengatur jadwal makan melalui puasa membuat hormon kortisol yang berhubungan dengan respons tubuh terhadap stres lebih terkontrol. Hal inilah yang bisa mengurangi tingkat stres.

"Jadi hormon yang tadinya dinamis naik-turun, bisa lebih ditekan, sehingga menjadi lebih tenang," kata dia, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Menukil laman Psych Central, sebuah tinjauan yang dilakukan pada 2021 lalu menyebutkan bahwa orang yang berpuasa memiliki skor kecemasan dan depresi yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak berpuasa. Data ini berasal dari lima uji coba terkontrol yang dilakukan secara acak.

Tapi, tinjauan lain justru menyebutkan sebaliknya. Misal, sebuah tinjauan pada 2022 lalu menyebut bahwa puasa dapat menyebabkan emosi negatif seperti mudah marah, tapi juga emosi positif seperti rasa pencapaian dan kendali.

Terlepas dari itu semua, para peneliti menyimpulkan bahwa puasa memang tak bisa disebut bisa menyembuhkan masalah kesehatan mental secara keseluruhan. Tapi, secara teori puasa memang memberikan beberapa manfaat yang berkaitan dengan kesehatan mental.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top