Sabtu, 13 April 2024

Breaking News

  • Waspadai Politik ''Gentong Babi'' di Pilkada Serentak: Tantangan Demokrasi di Indonesia   ●   
  • Ketika Ustadz Mawardi Salam Komando dengan Edy Natar Nasution, Teriakan ''Jadikan'' Menggema   ●   
  • Momen IKBR ''Open House'' ke Para Pemimpin Riau: Menguatkan Hubungan Silaturahmi Dihari yang Fitri   ●   
  • Warga Tanjung Rhu Naik Viar ke Kediaman Mantan Gubri Edy Natar Nasution Dihari Kedua Idul Fitri   ●   
  • Dukungan Terhadap Burhan Gurning untuk Calon Wakil Walikota Terus Mengalir   ●   
1000 Kg Garam dan 3 Helikoper WB Dikerahkan Padamkan Karhutla di Riau
Kamis 25 Mei 2023, 13:25 WIB

Pekanbaru, berazamcom - Pemerintah Provinsi Riau, bersama tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), masih terus mengoperasikan 3 Helikopter water bombing (WB) untuk memadamkan lahan yang terbakar, di wilayah Riau. Selain helikopter water bombing, pembentukan hujan melalui Teknologi modofikasi cuaca (TMC) dengan menyemai garam di langit Riau juga terus dijalankan.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), M Edy Afrizal menjelaskan, untuk penyemaian garam dilangit Riau dalam setiap sekali penyemaian mencapai 800 Kg sampai 1.000 Kg garam yang disemai. Adapun wilayah yang disemai berada di Kabupaten yang rawan terjadi kebakaran, terutama wilayah pesisir.

“TMC masih terus dijalankan, penyemaian di wilayah yang kering dan rawan Karhutla, seperti di Inhil, Bengkalis, Dumai, Rohil. Alhamdulillah hujan yang turun bisa membasahi lahan kering, sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran,” ujar Edy Afrizal.

“Untuk hujan yang terjadi di wilayah Pekanbaru, sedikit  banyak ada pengaruhnya dari TMC. Saat ini prioritas di wilayah pesisir, Inhu, Inhil, Bengkalis, yang sekarang mulai kering,” tambahnya.

Untuk tiga Helikopter water bombing kata Edy, sudah beroperasi memadamkan api yang terjadi di wilayah yang terbakar. Beberapa hari ini tim udara beroperasi di Kabupaten Bengkalis tepatnya di Pulau Rupat. Lahan yang terbakar tidak luas tapi perlu pendinginan agar tidak terjadi kebakaran yang luas.

“Helikopter kemarin bergerak ke Pulau Rupat, terjadi kebakaran. Kita terbantu dengan pengoperasian 3 Helikopter bantuan dari BNPB. Di Pulau Rupat perlu pendinginan agar tidak hidup lagi, diclearkan semua. Selain Helikopter water bombing dua Helikopter patroli juga beroperasi setiap hari meninjau daerah yang rawan Karhutla. Jika terpantau titik api tim dari water bombing akan bergerak,” jelas Edy.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top