Jumat, 19 Juli 2024

Breaking News

  • Hadapi Cuaca Ekstrem, Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Reaksi Cepat   ●   
  • Pj Wako Pekanbaru Targetkan Patisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak 2024 Meningkat   ●   
  • Geliat Para Balongubri Jelang Dibukanya Pendaftaran Cakada 27 Agustus 2024   ●   
  • Jelang Pilkada 2024, Pj Wako Pekanbaru Imbau Warga Jangan Mudah Terpancing Hoax   ●   
  • Harga Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Relatif Stabil   ●   
Iven Bakar Tongkang, Wisman Mancanegara Mulai Berdatangan ke Rohil
Senin 03 Juli 2023, 10:08 WIB

Pekanbaru, berazamcom - Festival Bakar Tongkang digelar di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada 2-4 Juli 2023.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, saat para wisatawan mancanegara (wisman) sudah berdatangan untuk menyaksikan puncak Bakar Tongkang yang akan dilaksanakan pada 4 Juli 2023.

"Saat ini para wisatawan lokal maupun dari berbagai macam negara sudah ramai yang datang di Bagansiapiapi, Rohil untuk melihat Bakar Tongkang," kata Roni Rakhmat, Ahad (2/7/2023).

Roni mengatakan, jelang puncak Bakar Tongkang saat ini penginapan dan hotel di Kota Bagansiapiapi sudah penuh.

"Jadi cukup ramai wisatawan yang datang yang ingin menyaksikan Bakar Tongkang, karena iven sempat ditunda tiga tahun akibat Covid-19. Ini dilihat semua hotel dan penginapan di Bagansiapiapi sudah penuh," ujarnya.

Sedangkan terkait persiapan puncak Bakar Tongkang, lanjut Roni, saat ini laporan panitia kapal sudah siap semua.

"Persiapan Bakar Tongkang sudah siap, kapal sudah disiapkan pantia dari Yayasan Thionghoa. Namun saat ini jelang hari H mereka menggelar ritual budaya," sebutnya.

Selain itu, tambah Roni, untuk memeriahkan event Bakar Tongkang, pihaknya Dispar Provinsi Riau juga menggelar acara Festival Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Festival Ekraf ini mengusung tema "Kemilau Bagan". Lokasinya digelar di Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi, Rohil 1-3 Juli 2023.

"Sejumlah pelaku ekraf sub sektor seni pertunjukan ikut meramaikan acara ini. Sehingga para wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh khas Riau dan Bagansiapiapi ada semua di sana," ujarnya.

Selain itu pada Iven Bakar Tongkang juga digelar acara seni, Dispar Riau juga menggelar bazar ekraf sampai forum workshop.

Pada hari pertama, atraksi seni pertunjukan Anak Band Bagan, Sri Bintan Art Tradisi, Stand Up Comedy, Senandung Rokan Band, Sanggar Tari Sri Kemuning, Taruna Nada Legendaris.

Kemudian, pada hari kedua manampilkan, Syahrul Accoustic, Qasidah Lestari, Sanggar Sri Jasmin, Sanggar Smanda, Tari Tradisi Zapin Bagan, Sanggar Tuah Sabah, Tutty Frutty Band.

Lalu hari ke tiga yang merupakan hari puncak Bakar Tongkang, ada Kopak Musik Tradisi, Askara Band, Sanggar Bulan Biru, Sanggar Jaya Sri Bestari, Super Market Band, Sanggar Sri Melayu, Omak Band.





Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top