Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Pemerintah Harus Waspada dengan Pandemic Treaty   ●   
  • DPRD Kota Pekanbaru Himbau Suplai Kebutuhan Sembako dari Daerah Tetangga hingga Pulau Jawa   ●   
  • Minta Pemerintah Waspadai Perjanjian Pandemic Treaty WHO , Dharma: Ancaman Kedaulatan Negara   ●   
  • Tradisi Malam Nisfu Syaban, Kampung Tanjung Tungga Gelar Yasinan 3 Kali dan Doa Bersama   ●   
  • Pakar Sebut Hak Angket Langkah yang Sangat Tepat, Urgent, Strategis, dan Konstitusional   ●   
Hendry Ch Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Pusat 2023-2028
Rabu 27 September 2023, 01:27 WIB
Hendri Ch Bangun, Ketum Baru PWI Pusat [rdh]

BANDUNG, Berazam.com -- Hendry Ch Bangun, terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2023- 2028 dalam Kongres XXV PWI Tahun 2023, Rabu pukul 01.15 WIB dinihari (27/9) di eL Royale Hotel, Bandung. Mantan wartawan Harian Kompas ini meraih 47 suara dari total 88 suara pemilih, mengalahkan kandidat incambent, Atal Sembiring Depari (Ketua Umum sebelumnya) yang hanya meraih 41 suara.  

Wartawan senior Riau, Ridar Hendri melaporkan dari Bandung, pemilihan Ketua Umum PWI Pusat diikuti oleh tiga kandidat, dan berlangsung dalam dua putaran. Selain Hendry Ch Bangun dan Atal S Depari, ikut bertarung Zulmansyah Sekedang, Ketua PWI Provinsi Riau saat ini. 

Pada putaran pertama, Atal unggul dengan meraih 40 suara, Hendri 39 suara, dan Zulmansyah sembilan suara.  Dengan posisi ini, hanya Hendri dan Atal yang kemudian bertarung di putaran kedua. 

Di putaran kedua, perolehan suara Hendry dan Atal sempat berkejar-kejaran 10-10, 19-19, 20-20, 21-21, 23-23, 25-25, 26-26. Hendry sempat meninggalkan Atal pada posisi 29-35. Lalu angka perolehan suara berkejar-kejaran sampai akhirnya Hendry Ch Bangun menguncinya pada posisi perolehan suara 47-41. Dan suara seisi  ballroom hotel itu pun menggelegar. "Terimakasih untuk teman-teman semua tanpa terkecuali. PWI adalah rumah kita bersama," kata Hendry Ch Bangun dari atas panggung, saat memberikan sambutan singkat atas kemenangannya. Kemenangan Hendry Ch Bangun tidak terlepas dari kontribusi delapan suara Zulmansyah dan pendukungnya.

Selain itu, peserta kongres secara aklamasi memilih Sasongko Tejo sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, menggantikan Ilham Bintang. Sementara Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang terpilih menjadi satu dari tiga anggota formatur yang dipimpin Hendri Ch Bangun. Satu anggota formatir lainnya adalah Farianda Putra Sinik dari PWI Sumut. Formatur akan belerja maksimal satu bulan untuk menyisin kepengurusan.

Pemilihan Ketua Umum PWI Pusat kali ini berlangsung sejak Selasa tengah malam hingga Rabu dinihari, namun sangat meriah. Ini karena selain dari pemilik suara dari seluruh Indonesia, ballroom juga dipenuhi oleh ratusan anggota PWI daerah sebagai peninjau. 

Penghitungan suara pada putaran pertama sempat diulang, karena ditemukan hanya 87 kertas suara yang terdapat pada kotak suara. Artinya terdapat kekurangan satu kertas suara. Namun setelah dihitung ulang, kertas suara ternyata cukup. 

Pemilihan diawali dengan pendaftaran ketiga calon, lalu dilanjutkan dengan penyampaian visi, misi dan program strategis. Atal dalam visi misinya mengatakan akan melanjutkan program lama yang belum tuntas selama profesi. 

Selanjutnya, Hendry Ch Bangun menyampaikan visi akan menjadikan PWI sebagai rumah bersama. PWI milik semua anggota. Misinya adalah menyerap seluruh potensi daerah. Ini dirjawantahkannya dalam 10 program strategis, yaitu: (1) PWI rumah bersama. PWI Pusat dan Daerah sama saja, tak ada bedanya. (2) PWI merupakan rumah gagasan. (3) PWI aktif, ia ada dimana-mana. (4) Menyerap partisipasi dan aspirasi daerah. (5) Meningkatkan pemahaman ideologi kebangsaan PWI. (6) memperbaiki manajemen UKW. (7) Menata ulang pengelolaan dan pelatihan sehingga menjadibholistik. (8) Membentuk lembaga penelitian dan pengembangan jurnalisme. (9) Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi khususnya untuk membantu kemampuan jurnalistik. (10) UKW gratis minimal satu kali.

Sedangkan Zulmansyah Sekedang menawarkan program strategis HEBAT, yang merupakan akronim berikut: H (Harmonis). Menciptakan suasana harmonis di antara sesama anggota PWI. (H) Ekonomi. Anggota PWI wajib dibantu ekonominya, terutama yang kehidupan mereka  yang susah di pedesaan. (B) Bargaining Position. Power PWI harus dimanfaatkan untuk semua anggota di Pusat maupun di daerah. (A) Amanah. Semua kita anggota PWI harus taat pada aturan dan semua konstitusi PWI. Dan (T) Tempat edukasi; Tempat perlindungan PWI, dan Tempat happy-happy. Program HEBAT dinilai sukses besar dijalankan Zulmansyah selama memimpin PWI Riau ***




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top