Jumat, 19 Juli 2024

Breaking News

  • Hadapi Cuaca Ekstrem, Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Reaksi Cepat   ●   
  • Pj Wako Pekanbaru Targetkan Patisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak 2024 Meningkat   ●   
  • Geliat Para Balongubri Jelang Dibukanya Pendaftaran Cakada 27 Agustus 2024   ●   
  • Jelang Pilkada 2024, Pj Wako Pekanbaru Imbau Warga Jangan Mudah Terpancing Hoax   ●   
  • Harga Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Relatif Stabil   ●   
Opini
Perubahan Sebuah Keniscayaan
Sabtu 10 Februari 2024, 13:33 WIB
Yanto Budiman

Perubahan merupakan sebuah keniscayaan dalam kehidupan manusia. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti akan mengalami perubahan dalam berbagai aspek kehidupannya, baik itu fisik, mental, emosional, maupun sosial. Perubahan bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti pertumbuhan dan perkembangan, pengalaman hidup, ataupun tuntutan dari lingkungan sekitar.

Seiring berjalannya waktu, manusia juga akan mengalami berbagai fase kehidupan yang membutuhkan adaptasi terhadap perubahan. Misalnya, dari masa anak-anak menuju remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Setiap fase kehidupan memiliki tantangan dan tuntutan yang berbeda, sehingga seseorang perlu mampu beradaptasi dan berubah sesuai dengan keadaan.

Perubahan juga merupakan bagian dari proses pembelajaran dan pertumbuhan individu. Ketika seseorang mampu menerima dan menghadapi perubahan dengan bijak, maka ia akan menjadi pribadi yang lebih fleksibel, tangguh, dan matang. Perubahan dapat membuka peluang baru, menginspirasi untuk berkembang, dan mengubah cara pandang seseorang terhadap kehidupan.

Dalam ranah sosial dan budaya, perubahan juga menjadi suatu keharusan. Perubahan dalam kebijakan, teknologi, ekonomi, dan budaya akan terus terjadi sebagai respons terhadap dinamika masyarakat dan perkembangan zaman. Ketika suatu masyarakat mampu mengelola perubahan dengan baik, maka mereka akan mampu bersaing dan bertahan dalam era globalisasi yang terus berkembang.

Namun, seringkali perubahan dihadapi dengan resistensi dan ketakutan oleh sebagian orang. Orang cenderung takut terhadap yang baru, karena mereka harus keluar dari zona nyaman dan menghadapi ketidakpastian. Namun, perlu diingat bahwa perubahan adalah proses yang alami dan tak bisa dihindari. Yang terpenting adalah bagaimana seseorang dapat mengelola perubahan tersebut dengan bijaksana dan berpikir positif.

Dengan demikian, perubahan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, melainkan sebuah keniscayaan yang perlu diterima dan dihadapi dengan sikap terbuka dan positif. Kita perlu belajar untuk fleksibel, adaptif, dan proaktif dalam menghadapi perubahan demi mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan, "Hanya dengan berubah, kita dapat bertahan dalam dinamika kehidupan yang terus bergerak maju. Semoga! Amin.

Penulis: Ketua Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Riau




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top