Minggu, 19 Mei 2024

Breaking News

  • Ketua DPC PJS Kota Palembang Soroti Pembangunan Terminal Batubara Kramasan   ●   
  • Pernyataan Wan Abu Bakar Berpotensi Primordialisme, Tokoh Riau Edy Natar Nasution Angkat Bicara   ●   
  • Dinkes Siak dan Apkesmi Gelar Webinar, Perkenalkan Program ILP   ●   
  • Mahasiswa Hukum UIR Raih Best Speaker di Kontes Duta Wisata Riau 2024   ●   
  • UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp 70 Juta dari Bank Syariah Indonesia   ●   
Simpai Yanto Budiman
Waspadai Politik ''Gentong Babi'' di Pilkada Serentak: Tantangan Demokrasi di Indonesia
Sabtu 13 April 2024, 14:20 WIB
Yanto Budiman

Dalam suasana penyelesaian Pilpres yang belum rampung dan tengah menunggu keputusan MK, sebentar lagi kita akan menyaksikan hasil PHPU pada 22 April 2024. Namun, perhatian kita juga harus terhadap Pilkada serentak yang akan diselenggarakan, termasuk di Riau yang akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pilkada tingkat kabupaten/kota.

Di tengah masalah politik, kita perlu waspada terhadap praktik politik ''Gentong Babi'' yang bisa meracuni proses demokrasi kita. Politik Gentong Babi, atau pork barrel politics, merupakan pengalokasian dana publik untuk kepentingan politik tertentu, yang seharusnya tidak kita benarkan.

Pemilu bukan sekadar ajang kalah-menang. Ini adalah refleksi kesadaran kolektif masyarakat dalam menentukan arah dan kebijakan negara. Kita perlu memilih pemimpin berdasarkan visi, integritas, dan moralitas, bukan dengan praktik politik tidak sehat seperti money politics.

Dengan literasi politik yang tinggi, kita bisa memastikan proses pemilihan umum berjalan secara jujur, adil, dan bermartabat. Mari bersama-sama membangun kesadaran politik dan memperjuangkan demokrasi yang berkualitas, tanpa intervensi maupun intimidasi.

Pilkada serentak adalah momen penting bagi masyarakat, terutama di Riau, untuk menunjukkan tekad memilih pemimpin yang memiliki integritas dan komitmen terhadap kebaikan bersama. Pilihlah calon pemimpin yang beragama, berintegritas, dan memiliki visi misi yang jelas. Jangan terjebak oleh politik ''Gentong Babi'' yang merugikan demokrasi kita. Semoga kita semua bisa menciptakan pemilu yang bersih dan bermartabat. Jangan lepaskan hak suara Anda demi masa depan negeri tercinta.

Ayo bersama kita cegah politik ''Gentong Babi'' dan wujudkan demokrasi yang sehat di negeri ini!

 

 

Penulis adalah Yanto Budiman, wartawan senior Riau dan Ketua Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Riau.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top