Selasa, 18 Juni 2024

Breaking News

  • Edy Natar Nasution, Calon Gubernur Riau yang Berkomitmen pada Tradisi Kurban Partai Nasdem Riau   ●   
  • UIR Jajaki Peluang Kerjasama dengan Kampus ternama di Hungaria   ●   
  • Idul Adha 1445 H, JMSI Inhu Sembelih Satu Sapi Qurban   ●   
  • Keserasian KBS: Kasmarni dan Bagus Santoso, Dua Sosok Inspiratif yang Kembali Bertandem untuk Bengkalis   ●   
  • Sapi Bantuan Pj Gubernur Riau Disembelih Pertama di Masjid Paripurna Nurul Ibadah Pekanbaru   ●   
Dinkes Siak dan Apkesmi Gelar Webinar, Perkenalkan Program ILP
Jumat 17 Mei 2024, 22:20 WIB
Ket foto : Dinas kesehatan Siak memperkenalkan sosialisasi Integrasi Layanan Primer (ILP)

Siak, Berazam.com: Penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 2015 Tahun 2023. Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer merupakan bagian integral dari transformasi kesehatan.

"Istilah Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer atau lebih sering dikenal dengan Integrasi Layanan Primer atau ILP berfokus pada tiga hal, yaitu siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan, perluasan l0 layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat kelurahan (desa) dan dusun serta memperkuat pemantauan wilayah setempat melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan," kata dr H Benny Chairuddin SpAn, MKes, MARS, MAP, melalui seluler, Jumat, (17/05/2024).

Sebelumnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan Asosiasi Puskesmas (Apkesmi) Cabang Kabupaten Siak mengelar Webinar 'Sosialisasi Konsep Pelaksanaan Integrasi Layanan Primer (ILP)' dengan tema 'Penguatan Peran Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Implementasi Integrasi Layanan Primer”*, Rabu (15/05/2024) yang lalu, bertempat di Ruang Lantai II Kantor Bupati Siak.

Pada kegiatan tersebut, Dinkes Siak menghadirkan Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Then Suyanti MM, sebagai narasumber untuk memberikan materi (pemaparan) tentang pentingnya penerapan pelayanan primer di setiap daerah di Indonesia.

Selain dihadiri seluruh pejabat Diskes Siak, acara webinar dilaksanakan secara hybrid sosialisasi konsep pelaksanaan ILP tersebut juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan OPD seperti dari Bappeda, BKD, DPMK, para Camat se-Kabupaten Siak, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Siak, para Kepala Pustu se-Kabupaten Siak, para tenaga medis seperti dokter dan perawat, organisasi profesi kesehatan serta para kader Posyandu yang bertugas di wilayah Kabupaten Siak.

Lebih lanjut dr Benny yang merupakan Kadiskes Siak menyebutkan adapun sasaran ILP meliputi ibu hamil, bersalin, nifas, bayi, dan anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa dan Lansia. Ditambah dengan pengendalian penyakit menular dan layanan lintas klaster yang terdiri dari Laboratorium, Farmasi Kegawatdaruratan, Rawat inap (bagi Puskesmas dengan rawat inap).

“Delivery unit yang diharapkan dapat memberikan layanan primer di tingkat kecamatan adalah Puskesmas, di tingkat kelurahan adalah Pustu, dan di tingkat dusun (dukuh) dan RT RW adalah Posyandu,” pungkas dr Benny.

Lap : Vie




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top