Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Pj Gubri Lantik 3 Pejabat Eselon II Pemprov Riau, Ini Nama-namanya   ●   
  • CERI Minta KPPU Lakukan Audit Forensik Sistem Eproc di Kementerian ESDM   ●   
  • UIR Terima Bantuan Pendidikan Sebesar Rp145 Juta dari BTN Syariah   ●   
  • Siang Ini Pj Gubri Lantik 3 Kepala OPD Hasil Assesmen   ●   
  • Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau   ●   
Unri Tak Pungut IPI, Peluang Mahasiswa Lolos Jalur SMM-PTN Barat Sangat Besar
Minggu 16 Juni 2024, 10:21 WIB
Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti SE MSi

Pekanbaru, berazamcom – Kabar baik bagi calon mahasiswa baru Universitas Riau (Unri) jalur SMM-PTN Barat (Seleksi Masuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat). Meski masa pendaftaran online hanya tinggal empat hari lagi (20 Juni 2024), namun peluang untuk lolos di jalur ini sangat besar. Ini disebabkan kuota pendaftaran yang sudah terisi calon mahasiswa, masih belum penuh.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau, Dr Mexsasai Indra SH MH kepada media di Pekanbaru, Minggu (16/6). Menurut dia, per hari ini, calon mahasiswa yang mendaftar ke Unri dan memilih kampus ini sebagai pilihan pertama baru 1.313 orang, pilihan 2 (1.033), pilihan 3 (807) dan pilihan 4 (663). “Meski menempati urutan terbanyak kedua di antara 25 PTN di wilayah Barat Indonesia, tapi jumlah itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.      

Dia mensinyalir, ini terjadi karena sebelumnya untuk jalur masuk SMM-PTN Barat ini, mahasiswa yang lolos test akan dikenakan iuran pengembangan institusi (IPI). Karena itu, banyak calon mahasiswa yang berpikir dua kali untuk mendaftar. “Nah, dua hari lalu, kan Kemendikbudristek tidak menyetujui mahasiswa baru dibebani IPI. Besaran tarif uang kuliah tunggai (UKT) pun diturunkan pemerintah ke tarif yang lama. Jadi sekarang, terbuka lebar peluang untuk mendaftar dan lolos seleksi di jalur ini,” katanya mengingatkan.  

Menurut Dr Mex, ini kesempatan emas bagi calon mahasiswa jalur SMM-PTN Barat untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri, dengan biaya sangat terjangkau. “Kita memang baru mengumumkan kabar baik ini, empat hari jelang penutupan pendaftaran. Ini lantaran pengarahan Pak Dirjen Distiristek Abdul Haris, bahwa tidak ada pungutan IPI tahun ini, baru ditandatangani dua hari lalu, Jumat. Tapi silakan calon mahasiswa manfaatkan waktu tersisa ini untuk menggapai impiannya kuliah di PTN,” ujarnya.  

Bebas Iuran Pengembangan Institusi

Sebelumnya, Rektor Universitas Riau Prof Dr Sri Indarti SE MSi menegaskan, bahwa mahasiswa baru tahun 2024, dari seluruh jalur masuk, tidak dipungut IPI. Penegasan itu untuk menjawab keraguan sebagian calon mahasiswa baru jalur SMM-PTN Barat, yang saat ini sedang mendaftarkan diri secara online. 

 “Sesuai arahan Pak Dirjen Diktiristek, melalui surat No 0694/E/PR.07.04/2024 tertanggal 14 Juni lalu, tidak ada pungutan IPI untuk mahasiswa baru. Dalam surat itu, Dirjen menyatakan belum menyetujui pungutan IPI,” ujarnya.

 Aturan ini berlaku untuk seluruh jalur masuk PTN. Selain jalur SMM-PTN Barat, ada lagi jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Test) yang sudah berlangsung. Serta jalur PBUD/PBM (Penelusuran Bibit Unggul Daerah/ Penelusuran Bakat dan Minat), dan Kerjasama yang akan berlangsung. 

 Menurut Staf Bidang Komunikasi Pimpinan Unri, Ridar Hendri PhD, kemarin sempat muncul kebingungan di sebagian calon mahasiswa, karena di satu sisi mereka sudah mendengar bahwa mahasiswa  tidak dikenakan pungutan IPI,tapi di aplikasi sistem pendaftaran online, form isian kesediaan membayar IPI, belum sempat dihapus. Sebab, rentang waktu terbutnya surat Dirjen tersebut dengan masa pendaftaran online mahasiswa hampir besamaan. “Namun beberapa jam kemudian, form isian tersebut sudah dihapus,” katanya memastikan. [mas]




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top