Rabu, 05 08 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Zulmansyah ke SKK Migas: Jangan Pernah Bosan Bekerjasama dengan PWI

Rabu, 11-12-2019 - 13:21:44 WIB

 
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dan SKK Migas menyerahkan sertifikat dan kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XII, Selasa (10/12/2019) siang.

TERKAIT:
 
  • Zulmansyah ke SKK Migas: Jangan Pernah Bosan Bekerjasama dengan PWI
  •  

    Pekanbaru, Berazam- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dan SKK Migas menyerahkan sertifikat dan kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XII, Selasa (10/12/2019) siang.

    Sertifikat dan kartu UKW angkatan XII ini diserahkan kepada 26 orang wartawan anggota PWI Riau. Dan diserahkan secara simbolis masing-masing kepada Ardiansyah MZ Tanjung (Riausatu.com), Martalena (Riaueksis.com) dan Rudianto (Rakyat Riau)

    Acara penyerahan sertifikat dan kartu UKW yang berlangsung di Ballroom lantai 2 Grand Elite Hotel ini dihadiri langsung oleh Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Sekretaris PWI Riau Amril Jambak, Bendahara Umum PWI Riau Oberlin Marbun, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Riau Fendri Jaswir, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau Novrizon Burman, Wakil Ketua Bidang Kesra Edhar Darlis dan Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Perlindungan Wartawan Anthony Harry serta sejumlah pengurus PWI Riau lainnya.

    Sedangkan dari SKK Migas tampak hadir Kepala SKK Migas Sumbagut diwakili Rochaddy Lubis dan dari Manajemen EMP Bentu diwakili Act Area Manager Internal and External Relation Coordinator EMP Bentu Ltd Dr Ir Zulfan MM.

    Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang menyampaikan, program UKW merupakan salah satu program utama di PWI Riau. Bahkan program ini sekarang betul-betul digencarkan. 

    "Sejak UKW gratis dilakukan bersama SKK Migas, sekarang sudah banyak UKW-UKW gratis dilakukan yang lain. Jadi ini pemicunya," ujar Zulmansyah.

    Untuk menyelenggarakan UKW, sebut Zulmansyah, biayanya besar. Biasanya biayanya dibebankan kepada wartawan yang menjadi peserta UKW. Nah, karena dibebankan biaya seperti itu yang ikut sedikit. Tapi kalau dibuat gratis, yang ikut ramai. 

    "Namanya juga gratis. Karena itu, kita sekali lagi berterima kasih atas terselenggaranya UKW angkatan XII yang kita lakukan bersama SKK Migas. Dan tentu kita harapkan ini bukan UKW yang terakhir kita selenggarakan bersama SKK Migas. Mudah-mudahan pada tahun 2020 mendatang lebih ramai lagi yang ikut dan lebih banyak kelasnya," tutur Zulmansyah seraya berharap acara ini dihadiri oleh Kepala SKK Migas Sumbagut Avicenia. Tujuannya apa? Supaya bisa langsung mendengar. Karena program PWI dengan SKK Migas ini banyak. 

    "Selain UKW, PWI Riau juga membikin buku putih. Dimana saat ini ada sampul depannya, namun belum diputuskan. Masih dibuat contoh-contohnya. Buku putih ini bagian yang kita kerjasamakan dengan SKK Migas. Nanti SKK Migas yang membiayai pencetakannya. Begitulah kira-kira," sebut Zulmansyah seraya mengungkapkan, saat ini anggota PWI Riau berjumlah 1.113 wartawan. Berarti kalau satu lembar dua wartawan, kira-kira buku putih ini nanti ada sekitar 500 halaman. 

    "Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih dengan program UKW ini dan program-program lain yang disupport SKK Migas. Dan kami berharap, SKK Migas tidak pernah bosan-bosan serta tidak jera-jera membantu PWI. Namun kami bersyukur, kawan-kawan SKK Migas dan K3S selalu dekat dengan PWI. Buktinya apa? Setiap ada kegiatan PWI, teman-teman SKK Migas dan K3S selalu support. Kalau tak penuh ke atas, penuh je atasnya lagi. Karena SKK Migas ini kalau bantu PWI tidak sedikit-sedikit. Karena kawan SKK Migas ini banyak. Panggil Chevron, panggil EMP, panggil Pertamina," ucap Zulmansyah.

    Sementara itu, Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rochaddy Lubis menyampaikan, bahwa berbicara sertifikasi tidak hanya di kalangan wartawan saja. Akan tetapi, di industri migas pun sertifikasi merupakan salah satu hal yang wajib untuk dimiliki. 

    "Pada kesempatan ini kami beritahukan juga, EMP barusan kemarin diumumkan telah berhasil lulus sertifikasi. Jadi sertifikasi memang sangat dibutuhkan," sebut Rochaddy sembari mengucapkan selamat kepada seluruh wartawan anggota PWI Riau yang telah dinyatakan lulus sertifikasi.

    Sekedar mengingatkan, Uji Kompetisi Wartawan (UKW) Angkatan XII ini diselenggarakan pada 21 dan 22 Maret 2019 lalu.

    Pelaksanaannya bersempena Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Tingkat Provinsi Riau. Dan untuk pelaksanaannya, PWI Riau disupport penuh oleh SKK Migas Sumbagut.  

    "PWI Riau menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang tulus ikhlas kepada SKK Migas Sumbagut. Khususnya kepada Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Pak Avicenia Darwis dan jajaran, yang langsung kongkrit merespon program-program PWI Riau, terutama program UKW PWI," kata Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang di sela-sela pertemuan silaturrahmi antara PWI Riau dan SKK Migas Sumbagut, Sabtu (09/03/2019) silam.

    Bersamaan dengan UKW angkatan XII, juga diselenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Jurnalistik untuk Wartawan Migas. Jumlah peserta diklat sebanyak 100 wartawan, sedangkan untuk UKW ditetapkan 42 wartawan.

    "Peserta diklat diutamakan pengurus PWI Riau dan wartawan daerah yang berada dalam area perusahaan migas. Sedangkan UKW diutamakan bagi wartawan yang belum pernah ikut UKW dan masing-masing PWI kabupaten/kota diberikan jatah dua wartawan di daerahnya untuk ikut serta dengan rekomendasi ketua PWI daerah masing-masing. Batas pendaftaran untuk semua wartawan daerah adalah Sabtu, 16 Maret 2019," kata Zulmansyah.(*)







     
    Berita Lainnya :
  • Zulmansyah ke SKK Migas: Jangan Pernah Bosan Bekerjasama dengan PWI
  •  

    Komentar Anda :